Monday 5 October 2015

Fakta Menarik Dalam Angka Jelang MotoGP Jepang

Fakta Menarik Dalam Angka Jelang MotoGP Jepang


Fakta Menarik Dalam Angka Jelang MotoGP Jepang
RACEMOTOGP – Menjelang seri ke-15 MotoGP yang akan berlangsung di sirkuit Motegi, Jepang akhir pekan ini. Situs motogp.com telah merangkum beberapa fakta menarik dalam sebuah angka :
100 – Hector Barbera akan menjalani penampilan ke-100 di kelas MotoGP.
84 – Honda saat ini memimpin klasemen konstruktor di kelas Moto3 dengan mengoleksi 84 poin. Jika ada pembalap Honda yang finis di podium Motegi, maka untuk pertama kalinya Honda menjadi juara konstruktor di kelas ringan sejak terakhir kali pada 2001.
62 – Pabrikan Yamaha saat ini memimpin klasemen konstruktor dengan 62 poin. Jika di Motegi mereka unggul 13 poin dari Honda, maka Yamaha dipastikan menjadi juara untuk pertama kalinya sejak terakhir kali pada 2010. Di GP Aragon sebelumnya Movistar Yamaha menjadi tim terbaik di MotoGP 2015.
50 – GP Aragon menandai penampilan ke-50 Marc Marquez di kelas MotoGP, total ia telah meraih 23 kemenangan dari 37 kali naik podium. Jika dibandingkan dengan catatan milik Valentino Rossi di 50 penampilan pertama di kelas premier, pembalap asal Tavulia, Italia itu meraih 25 kemenangan dari 40 kali naik podium.
28 – GP Aragon kemarin membuat Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa menjadi dua pembalap yang paling sering naik podium bersama di kelas premier. Total mereka telah naik podium bersama 28 kali, dimana Lorenzo memenangkan 15 kali dan Pedrosa 13 kali.
16 – Jorge Navarro berhasil meraih podium pertamanya di GP Aragon. Ia menjadi pembalap ke-16 yang berhasil naik podium di kelas Moto3 musim ini. Jumlah tertinggi pembalap yang finis di podium kelas ringan adalah pada tahun 1979, ketika ada 17 pembalap berbeda yang naik podium.
10 – Kemenangan Jorge Lorenzo di Aragon merupakan kemenangan ke-10 tim Yamaha musim ini. Yamaha hanya perlu meraih satu kemenangan lagi dari sisa empat balapan musim ini untuk menyamai jumlah kemenangan terbanyak dalam satu musim di kelas premier; seperti tahun 2010 dan 2005.
3 – Setelah kecelakaan Danilo Petrucci di Aragon, sekarang hanya ada 3 pembalap di kelas MotoGP yang selalu mencetak poin di setiap balapan musim 2015 yaitu : Valentino Rossi, Andrea Iannone dan Bradley Smith.
2 – Motegi adalah salah satu dari 2 sirkuit dimana Marquez belum pernah meraih kemenangan di kelas MotoGP, dan satu sirkuit lagi adalah Phillip Island
.

No comments: