Monday 5 October 2015

Makanan untuk Mengatasi Mual Ibu Hamil

Makanan untuk Mengatasi Mual Ibu Hamil

Masa-masa trimester awal kehamilan merupakan saat di mana calon ibu diserang dengan rasa mual, terutama di pagi hari. Rasa mual ini memang wajar terjadi dan biasanya akan berkurang memasuki trimester kedua kehamilan. Makanan yang dikonsumi oleh merupakan salah satu faktor yang bisa menyebkan parahnya rasa mual ini. Namun ada juga beberapa makanan ibu hamil yang justru bisa membantu mengurangi rasa mual tersebut.
Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari serta yang baik dikonsumsi bagi ibu hamil yang mengalami mual, di antaranya:
Hindari
Makanan pedas dan berminyak
Makananan yang sebaiknya dihindari saat mual dimasa hamil biasanya adalah makanan pedas, berminyak dan berlemak, makanan dengan aroma yang tajam, serta minuman seperti alkohol dan yang mengandung kafein. Makanan dan minuman tersebut cenderung menyebabkan rasa mual.
makanan untuk ibu hamil
makanan untuk ibu hamil
Makanan yang menyebabkan mual
Selain makanan yang pedas dan berlemak, beberapa orang ada merasa mual saat memakan makanan yang sebelumnya merupakan santapan favorit mereka. Meskipun itu merupakan makanan sehat sekalipun, namun bila itu membuat Anda merasa mual maka sebaiknya dihindari dulu.
Konsumsi
Jahe
Selama bertahun-tahun, jahe sudah dikenal sebagai makanan/minuman yang bisa membantu meredakan ganggunan perut dan pencernaan, termasuk mual pada ibu hamil. Variasi makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi pun beragam, misalnya saja teh dan wedang jahe, permen jahe, atau kue-kue kering dari bahan dasar jahe.
Cracker/biskuit
Memiliki cadangan makanan kecil sangat penting untuk mencegah mual, terutama saat Anda tengah bekerja. Perut yang kosong saat hari masih panjang bisa menyebabkan mual. Setoklah makanan kecil seperti biskuit asin atau cracker.
Buah-buahan
Beberapa jenis buah-buahan baik untuk meredakan rasa mual sekaligus memberikan gizi yang baik untuk janin sehingga cocok sebagai makanan ibu hamil. Misalnya saja rasa asam pada lemon yang bisa mengurangi rasa mual dengan mencampurkannya pada minuman atau makanan, namun pastikan Anda telah mengisi perut Anda sebelum mengonsumsi lemon untuk menghindari maag. Buat Anda yang memiliki maag, bisa juga mengonsumsi jeruk yang memiliki rasa manis. Apalagi, jeruk juga memiliki kandungan vitamin C dan asam folat tinggi yang bisa membantu mengurangi resiko cacat pada janin. Selain Lemon dan jeruk, buah pisang dengan kandungan B6-nya juga mampu untuk menenangkan asam lambung sekaligus mengurangi mual.
Makanan dingin
Yogurt, pudding, dan sereal merupakan makanan dingin yang sangat membantu dalam mengurangi rasa mual. Ini bisa menjadi makanan alternatif makanan sementara terutama bagi Anda yang mual setiap kali mencium bau makanan yang sedang dimasak.
Selain makanan untuk mengatasi mual hamil, berbagai makanan ini juga bermanfaat untuk ibu hamil yang ingin melakukan diet sehat saat hamil untuk menjaga bentuk tubuh. Karena, berbagai makanan ini adalah makanan sehat yang tidak mengandung banyak lemak tidak sehat yang dapat menyebabkan berat badan meningkat. (raw)

No comments: